Pages

Jumat, 11 Agustus 2017

Pengalaman Tes Editor di PT. Grafindo Media Pratama

Hai, mungkin yang visit ke konten blog ini bisa jadi ada yang jobseeker. Btw, aku mau share pengalaman waktu tes editor di Grafindo (yang jadi tempat kerja aku selama kurang lebih 4 bulan). 

Aku kirim lamaran waktu itu via email yang sebenarnya udah expired, kalau engga salah lowongan di tutup sekitar 29 Desember 2016, nah aku baru kirim tanggal 31 Desember, hahaha. Ya, namanya ikhtiar ya guys. Dan jujur aja, dari puluhan lamaran yang aku kirim via email, Grafindo lumayan fast respon, dan aku aja engga nyangka masih bisa ikut tes. Tanggal 4 Januari 2017 aku dapat telepon dari pihak Grafindo untuk ikut tes besok harinya (5 Januari 2017) jam 9 pagi. Semangat bangetlah guys, emang dari dulu aku punya cita-cita buat jadi editor, dan kebetulan lowongan ini buat jadi editor buku pelajaran matematika, yang artinya ilmu aku selama kuliah pun akan terpakai hehe. Masih di hari yang sama, malem sekitar jam 8 aku survey kantor Grafindo, karena emang jujur aja aku buta banget alamat kantornya walaupun masih di Bandung. Maklum, emang aku anak rumahan banget hehe. Jadi letaknya kantor Grafindo itu di dalam komplek perumahan yang lumayan sepi, tapi engga jauh kok dari jalan raya (soekarno-hatta). 

5 Januari 2017
Aku pergi tes dengan bermodalkan uber-ride, untungnya udah survey tempat semalem, jadi tinggal nunjukkin jalan aja sama drivernya. Sampe di sana, langsung bilang ke satpam kalau ada keperluan mau tes. Sama satpam dianter ke ruang tunggu. Disitu aku celingak celinguk, aku kira bakal banyak yang tes, tapi ternyata cuma aku seorang haha. Agak grogi juga jadinya sih. Akhirnya setelah nunggu sekitar 15 menit, ada seorang bapak-bapak yang datengin aku dan langsung nganter ke gedung Grafindo lainnya, buat tes tertulis di sana, jalan kakinya lumayan jauh ya sekitar 50 meter. Disitu aku dikenalin dengan Bu Melda (yang kalo sekarang aku manggilnya Teh Melda hahaha) yang jadi koordinator editor di lini tersebut. Aku dikasih selembaran kertas buat isi data calon karyawan sama kertas untuk tes tulis. Tes tulisnya lumayan banyak ya, apalagi yang bagian editorial (jelas, orang mau jadi editor) isinya tentang bahasa Indonesia yang baik dan benar, EYD, juga naskah cerita yang perlu kita sunting, dan naskah bahasa Inggris  sekitar 3 paragraf yang harus kita translate. Selain itu, karena aku calon editor matematika, otomatis ada soal-soal matematika sekitar 20 nomor, oh iya ada juga tes yang isinya tentang pengetahuan kita terhadap dunia penerbitan. 

Aku dikasih waktu kurang lebih 2 jam buat ngerjain tes itu. Agak pusing juga ya, apalagi yang bagian editorialnya (aku mewajarkan karena memang background pendidikanku bukan bahasa). Ada cerita lucu pas lagi ngerjain soal tes ini, jadi aku ngerjain di ruangan yang sampingnya ruangan karyawan Grafindo. Aku bisa denger mereka ngobrol dan ngapain aja haha, tapi yang paling aku inget itu mereka lagi pada setel lagu korea, yang jujur aja bikin aku malah fokus ngerjain soal tes (maklum kpopers hehe). Sekitar jam 11 lebih, Teh Melda dateng ke ruangan buat ambil soal tes dan nganterin aku ke ruangan lainnya buat lanjut interview, sempet mikir kok cepet ya udah interview lagi aja, padahal aku belum siapin diri buat interview. 

Selama inteview pun menurutku asik banget, karena memang calon atasanku ini, orangnya senang bercanda, jadinya engga kaku dan malah bikin aku nyaman kaya ngobrol sama Bapak sendiri (loh?). Materi interview juga engga jauh-jauh dari CV, semuanya ditanyain. Dari mulai latar belakang keluarga, pendidikan, organisasi, hobi, sampai pacarpun ditanya haha. Kurang lebih sekitar 1 jam aku diinterview, lalu beliau langsung tanya,
"Kira-kira kapan bisa gabung sama Grafindo?"
Aku agak kaget, ini apa aku resmi diterima atau gimana gitu ya... Lalu aku jawab aja aku bisa gabung bulan itu juga, cuma mungkin agak lama karena masih harus ngurusin penundaan kuliah S2 aku. 
Disitu pun aku nego tanggal gabung dengan beliau, karena emang aku belum bisa memastikan kapan bisa gabung. Setelah selesai interview, beliau pun bilang hasilnya nanti akan dikasih tau setelah diskusi  dengan timnya. 
Sekitar jam 12.30 aku selesai interview dengan hati berbunga-bunga hahaha. 

13 Januari 2017
Sekitar jam 4 sore, kebetulan aku lagi tidur sore haha. Kebangun karena ada telepon dari pihak Grafindo. Aku dikasih tau kalo aku lolos dan diminta buat masuk kerja hari seninnya. Seneng-seneng kaget soalnya nyawaku belum kekumpul itu ahaha. Ditelepon pun langsung dikasih tau berapa gaji yang bakal aku dapet dan lama kontraknya. Setelah aku oke, beliau pun menutup telepon terus bilang
"Selamat bergabung ya"
Seneng, Alhamdulillah akhirnya dapet kerja juga, setelah nganggur beberapa bulan. 

Aku kerja di Grafindo selama kurang lebih 4 bulan karena memang kontrak proyeknya hanya selama itu, 4 bulan yang menyenangkan dan berharga buatku. 

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mbak Dewi, maaf baru bales, komennya Mbak Dew masuk spam ternyata. Untuk soal2 tes menurut saya tidak terlalu sulit, cari tahu mengenai penerbitan saja. Kebetulan itu aja yang buat saya agak bingung waktu itu.

      Hapus